Headlines News :
Home » » Kata Dahlan, Gerindra Berpeluang Ulang Sukses Demokrat

Kata Dahlan, Gerindra Berpeluang Ulang Sukses Demokrat

Written By GERINDA KALIBATA on Senin, 10 Desember 2012 | 09.01

TEMPO.CO, Jakarta- Lembaga survei Soegeng Sarjadi Syndicate menyatakan partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai NasDem berpeluang mendulang sukses pada pemilu 2014 mendatang. "Kedua partai dalam waktu singkat berhasil meraih simpati publik," ujar koordinator survei, Muhammad Dahlan, dalam pemaparan hasil survei pemetaan capres 2014 di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2012.

Dahlan mengatakan dari survei yang dilakukan pada 14-24 Mei 2012 terhadap 2.912 responden sebanyak 10,5 persen menyatakan dukungan terhadap Gerindra, dan 4,8 persen mendukung NasDem. Survei dilakukan di 33 provinsi dengan metode stratified random sampling dan teknik pengumpulan data dengan wawancara tatap muka.

Suara yang diperoleh Gerindra saat ini, kata Dahlan, jauh melampaui hasil pemilu 2009 yang hanya 4,46 persen. Suara Gerindra ini, menurut Dahlan, masih berpotensi meningkat. Apalagi saat ini elektabilitas Ketua Umumnya, Prabowo Subianto, jauh melampaui suara partai yang memperoleh 25,8 persen. "Kalau partai bisa mengelola dengan baik, suara untuk Prabowo bisa diarahkan untuk meningkatkan elektabilitas Gerindra."

Sebagai partai baru, NasDem yang lahir pada 26 Juli 2011 lalu, kata Dahlan, juga berpotensi menjadi kuda hitam pada pemilu 2014. Dibanding survei sama yang dilakukan SSS pada Oktober 2011 lalu dukungan terhadap partai pimpinan Surya Paloh ini jauh meningkat. Pada survei pertama NasDem hanya meraih 1,7 persen suara. "Saya yakin pada pemilu 2014 NasDem lolos ke Senayan," kata Dahlan.

Pada pemilu 2014 nanti, Dahlan mengatakan kedua partai berpotensi mengulang sukses Partai Demokrat yang langsung melejit pada pemilu 2004. Apalagi fenomena kecemerlangan Gerindra dan NasDem kata Dahlan berasal dari aliran suara Partai Demokrat yang terus merosot. "Pemilih mulai meninggalkan Demokrat yang diduga banyak elitenya tersandung kasus korupsi."
Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. GARUDA MAGZ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger